Hari Jadi Pertama SPE Guest Lecture

SPE STEM Akamigas Student Chapter (SC) untuk pertama kalinya telah melaksanakan Guest Lecture pada Jum'at 12 Oktober 2018. Bertempat di Gedung Grha Oktana PEM Akamigas, acara yang diikuti lebih dari 200 mahasiswa PEM Akamigas ini merupakan salah satu program dari divisi education and training yang dilaksanakan sebagai salah satu dari tiga rangkaian acara SPE 1st Anniversary. Guest Lecture yang mengambil tema “Indonesian Geothermal Development for Future Energy” ini memaparkan materi yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan pelaku industri energi. Sebagai bentuk dukungan SPE PEM Akamigas SC terhadap terlaksananya United Nations Sustainable Development Goals poin 7 tentang Affordable and Clean Energy, Guest Lecture dilaksanakan dengan menyoroti perkembangan industri Geothermal yang merupakan salah satu sumber energi terbarukan potensial di Indonesia untuk mencapai program pemerintah Energy Mix 2030.

Seminar apik yang mendatangkan pembicara dari sektor panas bumi yaitu Field Manager Star Energy Geothermal Wayang Windu, Ismail Hidayat ini secara lengkap membahas tentang bagaimana perkembangan dan peluang panas bumi di Indonesia, peran panas bumi dalam membantu pembangkit listrik di sektor jawa bali serta operasi panas bumi di lapangan wayang windu.

Selain itu, Ismail juga menjelaskan tentang pengalamannya selama berkiprah di dunia industri dan peluang bekerja di industri panas bumi. Dimulai pukul 14.10 WIB, Guest Lecture dibuka oleh Master Of Ceremony (MC), Pricilia Stefanie dan Septian Prata yang berhasil memandu acara dengan lancar. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Curriculum Vitae (CV) pembicara (Ismail Hidayat) dan pemaparan materi yang dipandu oleh moderator berbakat SPE yaitu, Hisham Ali. Seminar Guest Lecture ini dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan kritis dari mahasiswa PEM Akamigas seiring antusiasme bertanya yang terus meningkat sepanjang berjalannya acara.

Salah satu pertanyaan yang muncul ditengah penyampaian materi adalah pertanyaan dari Ray yaitu, "Mengapa pemerintah menetapkan harga listrik panas bumi yang teramat kecil?". Sesi materi dan tanya jawab diakhiri dengan pemberian bingkisan dari Star Energy yang diwakilkan oleh Ismail Hidayat selaku pembicara, kepada tiga orang penanya terbaik.

Menuju penghujung acara, terdapat sesi quiz yang telah dipersiapkan oleh panitia menggunakan kahoot.it dimana tujuan dari quiz ini adalah menguji seberapa banyak materi yang dapat ditangkap peserta selama penyampaian lecture dari Ismail Hidayat dengan cara yang menyenangkan. Selama quiz berjalan, terdengar gelak tawa dari sepenjuru ruangan. Quiz kahoot ini mengambil lima juara dengan nilai tertinggi untuk menerima souvenir dari Star Energy yang diserahkan oleh Ismail Hidayat. Tidak lupa penyerahan momento dan sertifikat dari SPE PEM Akamigas SC kepada Narasumber Ismail Hidayat. Pada Pukul 16.45 WIB guest lecture ditutup oleh MC setelah sesi foto bersama Pembicara, Panitia, Peserta, dan Manajemen PEM Akamigas. (febrizal/spe)

Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas

Energi untuk Negeri.

Terhubung dengan kami

Jalan Gajah Mada No. 38 Cepu, Blora, Jawa Tengah 58315 Telp. 0296-421897

  • dummy+62 (29) 642 1897

  • dummy+62 (29) 642 1897

  • dummy info@akamigas.ac.id

Newsletter

Masukkan email anda untuk berlangganan.

Search