Selasa, 10 April 2018 10:20

Vyatra PLC Team Juara 3 PLC Advance Programming di ITS Surabaya

Himpunan Mahasiswa Diploma 3 Teknik Elektro Otomasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember kembali menyelenggarakan kompetisi IARC 2018 (Industrial Automation and Robotic Competition). Kompetisi yang dilaksanakan selama 3 hari (6 – 8 April 2018)  ini meliputi PLC (Programmable Logic Controller) competition, Robotic Line Follower competition, dan Smart Robotic competition, Lego Robotic, dan Electric Art.

 

Dalam acara tahunan yang diselenggarakan di ITS Surabaya ini, PEM Akamigas medelegasikan 7 mahasiswa yang terbagi dalam 2 tim yakni Partogi Hutagalung (INS II) dan Sion Anderson (INS II) yang merupakan tim Vyatra PLC A dan Dzul Fadhli Aziz (INS III) dan Ismail Kresna Yuda (INS II) yang merupakan tim Vyatra PLC B yang berkompetisi dalam PLC Competition, serta Tim Robotic Line Follower-Vyatra Tech Team yang terdiri atas M. Sandika (INS II), M. Wildan Afif (INS I), dan Septian A L (INS I).

Untuk Robotic Line Follower diikutioleh 34 tim dari berbagai perguruan tinggi diantaranya UGM, UNY, UB, PENS, PPNS, Polinema dan perguruan tinggi lainnya. Kompetisi ini terdiri atas 4 babak yaitu Penyisihan 1 (34 Peserta), Penyisihan 2 (16 Peserta), Semi final (8 Peserta) dan Final (4 Peserta). Namun, tim Robotic Line Follower-Vyatra Tech Team hanya mampu bertahan hingga tahap semi final (Top 8).

 Pada PLC competition total peserta sebanyak64, berasal dari berbagai universitas dan politeknik yang ada di Indonesia, diantaranya UGM, UB, ITS, PENS, Polinema, PPNS, Swiss-German University, Universitas Kristen Maranatha, dan perguruan tinggi lainnya.

Pada babak penyisihan,seluruh tim dibagi kedalam 3 shift dimana akan diambil 12 tim terbaik untuk lolos ke babak semifinal. Di babak ini ke-2 tim wakil dari PEM Akamigas berhasil lolos,baik Vyatra PLC A maupun Vyatra PLC B. Setelah tahap ini 12 tim kembali diseleksi untuk mendapatkan 6 tim terbaik untuk lolos ke babak final. Di babak final ini delegasi PEM Akamigas yang lolos adalah Vyatra PLC B yang beranggotakan Dzul Fadhli Aziz dan Ismail Kresna Yuda.

 

Dari hasil penilaian juri di babak final juara 1 diraih oleh Universitas Gadjah Mada, juara 2 diraih oleh Universitas Brawijaya, Juara 3 diraih oleh Vyatra PLC B dari PEM Akamigas, Juara Harapan diraih oleh  PENS. Diharapkan prestasi ini mampu menginspirasi mahasiswa PEM Akamigas untuk membanggakan nama PEM Akamigas di kompetisi – kompetisi berskala Nasional maupun Internasional.(DFA/MHS)

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus Vyatra PLC Team Juara 3 PLC Advance Programming di ITS Surabaya
RizVN Login