Sabtu, 09 Desember 2017 21:22

Penyempurnaan Profil Lulusan PEM Akamigas

STEM Akamigas, setelah terbitnya Peraturan Menteri ESDM nomor 55 tahun 2017 tanggal 8 November 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Energi dan Mineral Akamigas, berubah menjadi Politeknik Energi dan Mineral Akamigas atau disingkat PEM Akamigas. Demikian disampaikan oleh Bambang Supadiyono, Ketua Senat PEM Akamigas saat membuka acara Forum Group Discussion (FGD) Penyempurnaan Profil Lulusan PEM Akamigas.

FGD yang dilaksanakan di Semarang, 5 – 7 Desember 2017 ini merangkum berbagai masukan dari banyak pihak untuk percepatan terwujudnya pendidikan vokasi melalui PEM Akamigas serta profil alumni yang menjadi kebutuhan industri.

Untuk penyempurnaan profil lulusan PEM Akamigas, perlu masukan dari berbagai pihak. Yang pertama dalam paparannya tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Migas, disampaikan oleh Bambang Eka Satria dari Direktorat Jenderal Migas KESDM. Di mana akan lebih sempurna apabila lulusan PEM Akamigas telah berbekal sertifikasi.

Paparan yang kedua disampaikan oleh Rugun Simatupang, Pertamina Corporate University tentang pemetaan kebutuhan lulusan Diploma III di Pertamina. Dimana keberadaan global competency yang mengerucut pada soft skill dan hingga saat ini lulusan PEM Akamigas dinilai baik oleh user.

Demikian pula yang disampaikan oleh Seto Udityo, Chevron Pasific Indonesia yang juga menyampaikan pemetaan kebutuhan lulusan Diploma III, bahwa performance lulusan PEM Akamigas masih tetap baik.

Namun dengan adanya perkembangan global saat ini dan PEM Akamigas berkeinginan meluluskan mahasiswa-mahasiswa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Untuk itu diperlukan transformasi total bagi PEM Akamigas, sehingga sumbangan - sumbangan pemikiran yang "out of the box" sangat diperlukan. Bahkan kita harus berpikir "out of the box" dan melahirkan ide - ide cemerlang untuk masa transformasi ini. Demikian pesan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, I Nyoman Wiratmaja Puja, sebelum menutup acara FGD Penyempurnaan Lulusan PEM Akamigas ini. (drm)

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus Penyempurnaan Profil Lulusan PEM Akamigas
RizVN Login