Sabtu, 18 November 2017 14:14

SOAIALISASI PEMROSESAN MINYAK BUMI

Pemberian pemahaman kepada masyarakat terkait dengan pemrosesan miyak bumi menjadi suatu yang bermanfaat dan berguna bagi mereka yang tinggal diwilayah dengan kandungan migas yang besar seperti Kecamatan Gayam. Gayam merupakan wilayah yang merupakan pusat keberadaan Exxon Mobil Cepu sebagai operator blok Cepu, dengan kandungan migas yang sangat besar. Dengan produksi mencapai lebih dari 200 ribu BOPD merupakan terbesar di Indonesia atau setara dengan 25% produksi nasional. Melihat kondisi demikian warga masyarakat Kecamatan Gayam diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan bagaimana proses produksi minyak dilakukan. Diharapkan warga ikut berperan aktif dalam mengelola sumber daya alam yang dimilikinya.

Atas dasar itulah, STEM Akamigas sebagai institusi pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab moral dengan berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi pemrosesan minyak bumi. kegiatan yang juga bagian dari fungsi tri dharma perguruan tinggi ini dilakasanakan di kantor Kecamatan Gayam pada hari Sabtu (18/11). Team STEM Akamigas dipimpin oleh Dr. Dra. Pusparatu, MT dengan didampingi oleh beberapa mahasiswa. Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Gayam, Hartono dengan didampingi oleh muspika dari Polsek dan Koramil Gayam. Adapun peserta adalah pemuda karang taruna perwakilan desa-desa diwilayah kecamatan Gayam.  

Dalam sambutannya, Camat Gayam berharap bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat sehingga warga memiliki pengetahuan dan wawasan tentang pemroduksian migas. “Kalau ilmu ini diterapkan akan berdampak baik terutama akan beroperasinya lapangan Jambaran Tiung Biru,” demikian ujarnya.

Adapun Dr. Pusparatu dalam paparannya menyampaikan sejarah terbentuknya minyak bumi ratusan juta tahun yang lalu. Proses pencarian minyak bumi sampai bagaimana mengangkat migas dari perut bumi. Dijelaskan, bahwa minyak bumi merupakan campuran kompleks dari hidrokarbon cair, suatu senyawa kimia yang mengandung hidrogen dan karbon, yang terbentuk secara alamiah dicadangan bawah tanah dalam batuan sedimen. Adapun minyak mentah (crude oil) adalah suatu jenis minyak terpenting yang diolah menjadi berbagai produk kilang.

Kegiatan ini diharapkan juga sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam mengabdikan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya kepada masyarakat yang membutuhkan sehingga potensi yang ada di desa tersebut dapat bermanfaat. (HAR)

 

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita Info Kampus SOAIALISASI PEMROSESAN MINYAK BUMI
RizVN Login