ARSIP BERITA

Hari ini, 18 Juli 2018, merupakan hari besar bagi 183 mahasiswa PEM Akamigas yang didampingi orang tua dan atau pasangan masing-masing, memenuhi Ghra Oktana PEM Akamigas untuk mengikuti Upacara Wisuda Sarjana Terapan PEM Akamigas Tahun Akademik 2017/2018.

Upacara yang diawali kirab pendek calon wisudawan/wati dari halaman Gedung Soebroto hingga mamasuki Grha Oktana ini berlangsung lancar dan khidmat. Wajah segar calon wisudawan/wati yang dengan serius mengikuti acara demi acara menunjukan kebahagiaan karena telah menyelesaikan satu tahap pembelajaran selama di PEM Akamigas. Wajah segar yang menunjukkan tekad kuat untuk membaktikan diri bagi nusa dan bangsa.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), IGN Wiratmaja Puja, bahwa Badan Usaha (BU) dan/atau Badan Usaha Tetap (BUT) memiliki kewajiban dalam memfasilitasi pemagangan peserta pendidikan vokasi dari mahasiswa PEM Akamigas. Peran BU dan/atau BUT ini diharapkan juga berlanjut dalam memfasilitasi lulusan PEM Akamigas yang berprestasi dari msyarakat umum untuk bekerja pada BU dan/atau BUT.

Ditambahkan pula oleh Pak Wirat, sapaan akrab Kepala BPSDM ESDM ini bahwa, “Sesuai arahan Menteri ESDM, bahwa PEM Akamigas setelah menjadi BLU ini dapat merubah paradigma lama dan mampu menembus 10 besar pendidikan tinggi terbaik di Indonesia, dan ini harus kita lakukan.”

Direktur PEM Akamigas, Perry Burhan, memberikan janji untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan di PEM Akamigas, sehingga PEM Akamigas akan meluluskan sumber daya manusia yang berkualitas di bidang energi dan sumber daya mineral.

Jumlah seluruh mahasiswa PEM Akamigas untuk Tahun Akademik 2017/2018 ini adalah sebanyak 893 orang yang berasal dari masyarakat umum, program beasiswa, kerja sama pemerintah daerah dan karyawan dari industri sektor energi dan sumber daya mineral (ESDM). Dan pada hari ini mewisuda sebanyak 183 mahasiswa dari seluruh program studi, diantaranya :

  1. Program Studi Teknik Produksi Minyak dan Gas sebanyak 44 mahasiswa.
  2. Program Studi Pengolahan Minyak dan Gas sebanyak 58 mahasiswa
  3. Program Studi Instrumentasi Kilang sebanyak 24 mahasiswa
  4. Program Studi Teknik Mesin Kilang sebanyak 17 mahasiswa
  5. Program Studi Logistik sebanyak 40 mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, Direktur PEM Akamigas juga memberikan penghargaan "Vyatra Unggul Bakti" kepada Ibrahim Hasyim, Ketua ILUGAS atas keberhasilannya sebagai alumni PEM Akamigas. Penghargaan kedua "Vyatra Garda Bakti Utama" diberikan kepada PT. Pertamina (Persero) atas dukungan dan kepercayaan perusahaan terhadap PEM Akamigas. Penghargaan "Vyatra Karya Bakti Utama" diberikan kepada Toegas Soegeng Soegiarto atas dedikasinya terhadap PEM Akamigas sebagai Direktur periode 2010 - 2014. Penghargaan "Vyatra Karya Bakti Madya" diberikan kepada Woro Rukmi Hatiningrum, Wahid Sugiman dan Roni Heru Triyanto atas dedikasinya terhadap PEM Akamigas sebagai Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan Wakil Ketua III Periode 2015 - 2018.

Hadir dalam acara ini adalah Bupati Blora Djoko Nugroho, Kepala PPSDM Migas Wahid Hasyim, Forkopimda Kabupaten Blora, Forkopimcam Kecamatan Cepu, ILUGAS, PT. Pertamina (Persero) dan mitra kerja PEM Akamigas. (drm)

 

Mahasiswa tingkat akhir PEM Akamigas Cepu melakukan pelatihan software (Software Training) dengan menggunakan software “Petrel dan Eclipse” tepatnya pada Services Company Schlumberger yang berada pada Gedung Wisma Mulia Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan oleh SPE PEM Akamigas Student Chapter dan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Ekplorasi dan Produksi dan PEM Akamigas. Kegiatan berlangsung selama 2 hari (28-29/6/18). Hari pertama tepatnya tanggal 28 Juni 2018 pelatihan “Eclipse Software” dan hari kedua tanggal 29 Juni 2018 pelatihan “Petrel Software”.

 

19 (sembilan belas)mahasiswa peserta mpelatihan adalah mahasiswa prodi Teknik Produksi Minyak dan Gas. Pelatihan tersebut disambut hangat oleh Elisabeth Maria Wawolumaya selaku pelatih dan pemateri untuk “Eclipse Software” dan Michael Joel Baris selaku pelatih dan pemateri untuk “Petrel Software”. Keduanya merupakan Engineer Schlumberger.

 

Kegiatan ini diawali dengan Safety Induction. Kemudian dilanjutkan dengan materi dan pelatihan “Eclipse Software” dari Elisabeth Maria Wawolumaya. Dan hari terakhir dilanjutkan dengan materi dan pelatihan “Petrel Software” dari Michael Joel Baris.

Tujuan dari kegiatan ini, menurut Wakil Presiden SPE STEM Akamigas SC, M. Fadel Sidiq, ialah dengan adanya kegiatan ini SPE STEM Akamigas SC dapat mewadahi mahasiswa untuk melatih soft skill yang berguna nantinya pada saat masuk dunia kerja. “saya berharap event ini dilakukan secara rutin kedepannya untuk mahasiswa PEM Akamigas,” Jelas Fadel.

Selain itu menurut Alfin Abrori selaku peserta software training, ia sangat kagum dan senang dengan pelatihan ini. "Sangat bermanfaat buat kita yang masih mahasiswa dan menjadi pengalaman berharga dimana kita bisa tahu bagaimana cara menggunakan software yang sudah digunakan oleh seluruh oil and gas company di Indonesia. Semoga jadi kegiatan rutin, kalau bisa setiap semester dengan durasi yang lebih lama minimal 3 hari,"jelas Alfin. (hrn/prd2)


 

 

Keluarga Besar PEM Akamigas dan PPSDM MIGAS hari ini (Jumat, 6/7/18) meramaikan Grha Oktana untuk ber-Halal Bihalal bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), IGN Wiratmaja Puja atau yang akrab disapa Pak Wirat.

“Karena masih dalam suasana Idul Fitri, kami menyampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya karena pasti dari kami sebagai pimpinan BPSDM ESDM pasti ada banyak kata-kata yang salah,” demikian Pak Wirat membuka sambutannya.

“Di Cepu ini ada 3 perusahaan besar, PEM Akamigas, PPSDM Migas dan Pertamina, dari 3 perusahaan besar ini, tentu ada gesekan yang terjadi. Makanya sekarang kita berkumpul di sini terutama PEM Akamigas dan PPSDM Migas agak dapat ber Halal Bihalal, saling memaafkan,”imbuhnya.

Acara yang diawali dengan bersalam-salaman ini menyebarkan suasana kekeluargaan dan membawa acara demi acara berlangsung lancar. Sebagai pembukaan dipersembahkan Tari Sesonderan yang merupakan tarian khas daerah Malang-Jawa Timur yang merupakan tarian untuk menyambut tamu kehormatan oleh mahasiswa PEM Akamigas UKM Seni Tari.

Berikutnya, untuk semakin memeriahkan suasana, dari pegawai dan Dharma Wanita Persatuan PEM Akamigas dan PPSDM Migas juga mempersembahkan berbagai lagu dan puisi serta pembagian doorprize. (drm)

SPE PEM Akamigas Student Chapter melakukan kunjungan perusahaan (Company Visit) yang bertajuk tema “Achieving Excellence Together Through Field Studies” tepatnya pada lapangan PC Ketapang II Ltd. Lapangan Bukit Tua-Onshore Receiving Facility (ORF) yang berada pada kawasan industri Maspion Gresik (3/7/18).

Dalam kunjungan perusahaan kali ini, diikuti oleh 31 mahasiswa yang merupakan anggota SPE PEM Akamigas Student Chapter. Kedatangan mahasiswa tersebut disambut hangat oleh Andiono Setiawan  selaku Senior Manager Coorporate Affairs and Administration Petronas Carigali Indonesia Operation, Rafael Wanta selaku Engineer Petronas ORF Superintendent, Redhata Gama Ardhian Rangkuti  selaku Lead Operator dan Indriasari Laraswati Hadiwidjoyo selaku Public Relation Petronas Carigali.

Kegiatan ini diawali dengan Safety Induction dan overview Lapangan ORF oleh Rafael Wanta dan Redhata Gama Ardhian Rangkuti. Kemudian dilanjutkan dengan berkeliling di Onshore Receiving Facility untuk mengamati proses aliran gas dari lapangan Bukit tua dengan jarak 110 km dari garis pantai gresik atau sekitar 22 mil dari garis pantai Sampang Utara, Madura hingga ke ORF.

Tujuan dari kegiatan ini, menurut Presiden SPE STEM Akamigas SC, M. Rizky Reformadilaga, ialah mengimplementasikan misi dari SPE, yaitu menjadi jembatan antara mahasiswa dengan industri migas sehingga mahasiswa dapat belajar langsung dari para experts dari industri.

Selain itu menurut Andiono Setiawan, ia sangat kagum dan senang dengan pemahaman dan pertanyaan kritis yang dilontarkan oleh mahasiswa. “Meski baru tingkat 2 dan 3 pemahaman rekan-rekan mahasiswa sudah sangat bagus. Mereka menjadi modal penting bagi industri migas di Indonesia di masa mendatang,” Jelas Andiono. (hrn/prdII)

(Dikutip dari https//:radar.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/07/04/85363/pelajari-proses-aliran-gas-sejauh-110-km)

  

 

Tak terasa sudah 1 (satu) bulan umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1439 H. Tak terasa pula libur panjang 12 (dua belas) hari menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H terlewati.

Telah menjadi tradisi di PEM Akamigas dan mungkin juga di instansi lain, bahwa hari pertama masuk kerja pada hari Kamis, tanggal 21 Juni 2018, dilakukan Apel Pagi. Sekaligus dikarenakan masih dalam suasana lebaran, dilanjutkan dengan halal bihalal.

Diikuti oleh seluruh pegawai, fungsional dosen, tenaga pendidik dan tenaga penunjang serta mahasiswa PEM Akamigas, Apel Pagi hari pertama kembali beraktivitas yang sedianya dilaksanakan di lapangan upacara, dikarenakan hujan turun cukup lebat, dipindahkan di Grha Oktana.a

“Apel bersama ini adalah dalam rangka melaksanakan koordinasi setelah kita semua sebagai  Pegawai Negeri Sipil di bawah naungan instansi pemerintah melaksanakan dan mentaati libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H tahun 2018 selama 12 (dua belas) hari. Kehadiran kita pada pagi hari ini merupakan bukti disiplin diri sebagai bentuk manifestasi dari hasil pendidikan disiplin yang kita lakukan selama bulan Ramadhan. Disiplin yang bukan saja karena kewajiban kita melaporkan kehadiran pegawai kepada pimpinan kementerian, namun juga disiplin yang akan terus menjadi keseharian kita di kampus PEM Akamigas ini.” Demikian disampaikan oleh Direktur PEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Sc. dalam sambutannya di pagi hari itu.

“Dalam kesempatan yang sangat baik ini, kami selaku probadi dan keluarga serta atas nama manajemen PEM Akamigas menyampaikan, taqobalallaahu minna waminkum barakallah fiikum. Semoga ibadah puasa yang kita lakukan diterima Allah dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Mari kita lebur semua dosa dan kesalahan kita dengan saling memaafkan dari lubuk hati yang paling dalam dan kita buka kembali lembaran baru.” Imbuhnya sebelum menutup sambutan Apel Pagi.

Kegiatan pagi itu ditutup dengan halal bihalal, bersalaman saling memaafkan bergantian dengan berbaris mengular. (drm)

Halaman 1 dari 26

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login