ARSIP BERITA

Acara yang dilaksanakan pada hari Jum’at (9/2) di ruang rapat VVIP Grha Oktana, dihadiri oleh 66 orang kepala sekolah Se-Kabupaten Blora, Bojonegoro, Tuban dan Cilacap ini adalah merupakan salah satu program PEM Akamigas untuk mensosialisasikan keberadaan PEM Akamigas agar dikenal lebih dekat lagi.

Sosialisasi yang dipimpin langsung oleh Kepala BPSDM ESDM Wiratmaja Puja ini, menyampaikan bahwa ingin bekerjasama dengan sekolah-sekolah Se-Kabupaten Blora dan sekitarnya, dengan mencari murid yang berprestasi untuk disekolahkan di PEM Akamigas dan setelah lulus menjadi tenaga yang unggul di dunia migas dan dapat dikirim ke luar negeri untuk bersaing di dunia migas. Yang nantinya juga akan mendirikan PEM Akamigas di kalimantan, Sulawesi, NTB, Sumatera, daerah yang memiliki Sumber Daya Migas juga memiliki sekolah yang bergerak di energi migas.

Dalam kesempatan tersebut Direktur PEM Akamigas Perry Burhan juga menyampaikan bahwa telah merenovasi gedung kuliah dengan harapan dapat mengembangkan kapasitas kelas untuk mahasiswa agar bisa menampung sekitar 900 mahasiswa dan untuk tahun 2018 akan menerima mahasiswa kurang lebih sekitar 225 mahasiswa baru. Disampaikan pula bahwa mahasiswa yang mendapatkan beasiswa pada saat ini sekitar 50%, beasiswa yang didapat adalah mahasiswa yang tugas belajar dari perusahaan dia bekerja, beasiswa dari pemerintah daerah dan beasiswa dari ESDM. Harapannya untuk menggali dan mengembangkan SDM untuk menjadi pemigas yang handal di dunia. (ik)

 

Hari Kamis, tepatnya tanggal 15 Februari 2018 yang lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik 85 (delapan puluh lima) pejabat di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. 6 (enam) orang diantaranya adalah pejabat eselon III dan IV di lingkungan Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas, yakni :

1. Prasudjyana Gamarlap Seputra, S.T.M.T. menjabat sebagai Kepala Bagian Umum dan Keuangan

2. Asep Rohman, S.T.M.T. menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

3. Pujianto, S.T.M.T. menjabat sebagai Kepala Subbagian Umum

4. Ludya Harmayanti, S.T.M.T. menjabat sebagai Kepala Subbagian Keuangan

5. Susilo Handoko, S.T.M.T. menjabat sebagai Kepala Subbagian Administrasi Akademik

6. Sri Yuliati, S.S.T. menjabat sebagai Kepala Subbagian Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni

Pelantikan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM kali ini merupakan promosi, rotasi internal dan mutasi terhadap 3 Pejabat Pimpinan Tinggi Pertama (eselon II), 38 Pejabat Administrator  (eselon III) dan 44 Pejabat Pengawas (eselon IV).

Transparan, terbuka, tidak memandang suku, agama dan ras, serta usulan yang berdasarkan kinerja pegawai adalah syarat terhadap seleksi pengangkatan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, sebagaimana arahan Menteri ESDM, Ignasius Jonan bahwa setiap seleksi harus tetap terbuka dan tidak boleh atasannya itu mengusulkan calon yang akan diikutkan assessment itu berdasarkan hal-hal lain kecuali kinerja, integritas dan etika saja

Selanjutnya kepada pejabat yang dilantik Menteri ESDM kembali mengingatkan agar di dalam menjalankan tugas-tugas sesuai dengan sumpah jabatan yang diucapkan dan jangan memperpanjang birokrasi yang akhirnya menghambat investasi untuk menambah penghasilan."Jangan mencari kegiatan-kegiatan yang menghambat investasi dan pertumbuhan ekonomi karena dampak yang ditimbulkan akan ke rakyat. Itu yang penting, tidak boleh menghambat investasi untuk menambah penghasilan karena menurut saya ini sangat-sangat tidak baik dan mengganggu masyarakat", tegas Jonan. (Siaran Pers KESDM/Biro KLIK/drm)

Susilo Siswoutomo, Komisaris Utama PT. Saka Energi yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri ESDM pada 2013 – 2014, secara khusus meluangkan waktu dan hadir di Grha Oktana PEM Akamigas (9/2) untuk mengisi Kuliah Umum. Acara 1-day with experts ini dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM IGN Wiratmaja Puja, Direktur PEM Akamigas RY Perry Burhan, dosen PEM Akamigas dan tentu saja seluruh mahasiswa tidak akan melewatkan acara spesial ini.

Banyak cara untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, salah satunya adalah dengan mengikuti kuliah umum bersama profesional seperti ini. Jadi mahasiswa harus benar-benar memanfaatkan kesempatan seperti ini. Demikian disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan SDM ESDM IGN Wiratmaja Puja dalam sambutan pembukaan kegiatan 1-day with experts ini.

Pusat perhatian hari Jumat ini memang adalah Susilo Siswoutomo, profesional yang telah bertahun-tahun menggeluti dunia ESDM pada umumnya dan migas pada khususnya. Sebelum memulai paparannya, Susilo menyampaikan bahwa beliau tidak akan memberikan materi khusus tetapi hanya ingin sharing-sharing dan memberikanmotivasi untuk mahasiswa, karena untuk materi khusus sudah ada dosen, internet dan sebagainya.

Dalam paparanya Susilo Siswoutomo memberikan motivasi dan mengajak para calon ahli migas untuk terus belajar yang tekun, rajin serta disiplin.“Disiplin itu, jangan sia-siakan waktu, dan tekun itu serius. Kewajiban mahasiswa  adalah belajar,  jangan berharap kiriman-kiriman bea siswa asing, jadi kesampingkan harapan itu,dan mahasiswa harus bersosialisasi dan belajar soft skill. Pemerintah (ESDM) sudah menyediakan sarana belajar yang lengkap, penunjang belajar yang memadai seperti laboraturium, dan dosen yang mumpuni, manfaatkan itu” pesannya.

“Ingat ya, so do the best from today : lakukan yang terbaik mulai hari ini”. Mahasiswa PEM Akamigas harus punya integritas, dan bisa tunjukan keahlian di bidang masing-masing. PEM Akamigas mendidik teknisi handal yang bisa dikirim ke mana saja. Susilo juga berpesan, belajarlah yang terbaik sehingga sebagai mahasiswa PTK harus bisa mempengaruhi teman-temanya, bantulah teman, karena itu sifat yang baik dan amalan ilmu. Perlu diketahui, PEM adalah pengembangan dari Sekolah Tinggi Energi dan Mineral Akamigas (STEM Akamigas), Cepu, Blora. Ke depan, PEM Akamigas tidak hanya membuka program D1,D2, D3 dan D4, namun juga ahli migas dari program pascasarjana.(ik)

 

PEM Akamigas melalui Badan Eksekutif Mahasiswanya (BEM) turut serta dalam kegiatan Cepu Campus Expo 2018 (CCE) yang dilaksanakan di Gedung Grha Oktana PEM Akamigas pada tanggal 26-28 Januari 2018. CCE 2018 ini merupakan sebuah event yang di selenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Cepu dan dilaksanakan setiap tahun.

CCE tahun ini mengangkat tema “Langkah kecil menuju perubahan besar di masa depan”. Bukan hanya pameran saja. CCE 2018 ini juga menggelar berbagai kegiatan yang meliputi Pameran Perguruan Tinggi, Talk Show Beasiswa dan Motivasi, CCE Mural and Lettering, CCE Pintar, Try Out SBMPTN 2018, CCE Gor Talents, Bazar buku, CCE for a Minute dan Bakti Sosial. Sebanyak 32 Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan bahkan Jawa Barat turut meramaikan event ini.

Upacara Pembukaan CCE 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2018 ini dibuka oleh Camat Cepu yang diwakili Sekretaris Camat Cepu, Martono, S.Sos. yang mengucapkan terima kasih kepada PEM Akamigas atas kerjasamanya dengan panitia CCE 2018. Harapannya atas terlaksananya CCE 2018 adalah dapat memberikan informasi, pelayanan bagi pelajar kelas XII SLTA yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, dengan memberi informasi dan pelayanan sebaik – baiknya kepada  calon siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinngi  semoga akan lebih tertarik karena mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai perguruan tinggi yang  mereka inginkan.

Sedangkan oleh Ketua PEM Akamigas yang diwakili Kepala Subbagian Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni, Andy Yulistanto, S.Sos. juga menyampaikan bahwa kegiatan CCE ini diharapkan dapat memberikan informasi sejelas mungkin tentang Perguruan Tinggi yang sesuai dengan keilmuan dan kemampuan setelah lulus sekolah SLTA.

Dalam laporannya, Bayu Aji selaku Ketua Panitia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk  membantu mewujudkan cita-cita para pelajar kelas XII SLTA yang berada di kota Cepu dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan memberikan pengetahuan, informasi serta motivasi kepada mereka. (ik)

Oil and Gas Intelectual Parade (OGIP) 2018, SMART COMPETITION, yang pada tahun ini mengangkat tema Intellect Generation with Global Knowledge as a Pioneer for Future Energy Development dilaksanakan oleh UPN “Veteran” Yogyakarta pada tanggal 24 Januari 2018. Ajang bergengsi bagi para mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta untuk berkompetisi mengasah otak memperebutkan predikat juara.

 

PEM Akamigas, sebagaimana tahun lalu, untuk tahun ini menerjunkan Rizky Martareza Noor (PRD IV) untuk cabang International Paper Competition. Brilian Pungky Widodo, Moch. Rizky Reformadilaga, Faizal Adhi Wiranto, Maulana Havidh Alfarisi dan Satriyo Diri Kamulyan yang tergabung dalam Tim Batara Vyatra untuk cabang International Oil Rig Design Competition. Muhammad Raynaldi, Muhammad Nabi Humam yang tergabung dalam Tim A dan Tim B yang terdiri dari Febrizal, Bely Juliantoro dan Mohamad Dayu Alfatih yang kedua tim untuk cabang International Smart Competition. ITB, UI, ITS, UPN, UTM, UGM, UNDIP adalah berbagai perguruan tinggi ternama yang juga turut berkompetisi dalam OGIP 2018 dan menjadi kompetitor PEM Akamigas. 

Dari ketiga cabang kompetisi yang diikuti, seluruh wakil PEM Akamigas lolos dan menjadi finalis yang harus berkompetisi lanjutan untuk menjadi yang terbaik. Pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2018 yang dikemas dalam “Awarding Night of OGIP 2018”.

Prestasi kembali diukir oleh perwakilan PEM Akamigas di ajang OGIP 2018 ini. Terbukti bahwa mahasiswa PEM Akamigas tidak kalah dengan mahasiswa perguruan tinggi lain. Peringkat 3 besar mampu diraih. Rizky Martareza Noor bahkan mampu meraih juara 1 mengungguli semua peserta di cabang International Paper Competition. Berikut adalah rincian juara dari ketiga cabang yang diikuti oleh wakil dari PEM Akamigas :

Cabang International Paper Competition

Juara 1, Rizky Martareza Noor (PEM Akamigas)

Juara 2, Derek Chung Zhong Kang (Univercity of Technology Malaysia)

Juara 3, Muhammad Zulfikar Faruqi dan Alvian Gilang Gumelar (UPN)

 Cabang International Oil Rig Design Competition

Juara 1, CARBONEMIX (ITB)

Juara 2, NEO ATLANTIS (UPN “Veteran”Yogyakarta)

Juara 3, BATARA VYATRA (PEM Akamigas)

 Cabang International Smart Competition

Juara 1, UPN “Veteran”Yogyakarta

Juara 2, ITB

Juara 3, PEM Akamigas

 

(drm)

 

 

Halaman 1 dari 24

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login