ARSIP BERITA

PEM Akamigas, di bulan April 2018 ini diramaikan oleh berbagai kegiatan mulai dari 1Day with Experts yang dilaksanakan seminggu sekali, hingga Energy Festival (Efest PEM) 2018 yang diselenggarakan oleh BEM PEM Akamigas, yang menjadi ruang bagi pengembangan kreativitas mahasiswa PEM Akamigas, dunia pendidikan dan industri migas di tanah air. Efest PEM 2018 terdiri dari beberapa rankaian kegiatan seperti  PEM Akamigas Health Event (PHE), Career Talk, Petroleum Inspiring Talk and Trip (PITT), Youth English Challenge (YEC) 2018 dan banyak lagi.

Seminar kesehatan, donor darah dan cek kesehatan adalah rangkaian kegiatan dari PHE yang dilaksanakan pada tanggal 18 - 20 April 2018.

 

Seminar Kesehatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan dalam rangkaian PHE dengan mengangkat tema “Sehat Untuk Energi Masa Depan” (17/4). Seminar ini secara resmi dibuka oleh Ketua STEM Akamigas, Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Sc dan  mendatangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, dr. Henny Indriyanti, M.Kes, sebagai narasumber.

Dalam seminar ini dr. henny indriyanti menjelaskan tentang bahaya wabah difteri. Kita perlu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan dengan baik, agar tidak teridentifikasi wabah difteri. Karena kuman tersebut mengeluarkan toksin yang dapat menyebar keseluruh tubuh dan menimbulkan efek yang sangat buruk. Untuk itu marilah kita sayangi tubuh kita dengan menjaga kesehatan, dapat kita lakukan dengan hal-hal yang sederhana, yakni dengan melakukan olahraga, menjaga kebugaran tubuh, memperhatikan pola makan dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Marilah kita berperilaku bersih demi mewujudkan Indonesia sehat. 

 

Diundang dalam seminar ini adalah siswa siswi SMA/SMK ke Kecamatan Cepu yang diantaranya adalah SMAN 1 Cepu, SMK 1 Cepu, SMK Migas, SMA PGRI, SMA Muhammadiyah, SMK Muhammadiyah, SMA Katolik Cepu dan SMA ST Yosef Cepu. (ik)

Mental yang dibutuhkan ketika berhadapan dengan dunia kerja dan masa kuliah tentu saja berbeda. Untuk membantu mahasiswa mempersiapkan secara dini hal-hal terkait dunia kerja dan nanti pada bulan Juli saat mahasiswa  tingkat 4 di wisuda. BEM PEM Akamigas bersama ECC UGM mempersembahkan career training dengan tema “Prepare the right path for your career” yang dilaksanakan di Kuda laut lt. 2 dan Grha Oktana pada 9-10 April 2018.

Sebanyak 80 peserta career training mayoritas terdiri dari mahasiswa PEM Akamigas tingkat 4. Dalam acara ini terdapat dua pembicara dari ECC UGM. Pembicara pertama adalah Gita Aulia, M.Psi selaku Development Manager at ECC UGM. Disampaikan oleh Gita bahwa berdasarkan data yang dihimpun ECC UGM pada tahun 2017, lebih dari 50% mahasiswa dan jobseeker (pencari kerja) belum mengetahui minat kariernya secara spesifik. Padahal, dengan mengenali bakat dan minat, kamu akan dapat menghindari kebosanan saat sudah bekerja nanti, karena kamu melakukannya sesuai dengan passion.  

Jadi Gita mengajak peserta Career Training untuk mengenali bakat dan minat masing-masing. Gita Aulia juga menjelaskan bahwa proses recruitment yang dilakukan perusahaan mempunyai karakteristik berbeda-beda oleh karena itu kita dari pihak pelamarlah yan harus aktif mencari informasi.

Pembicara kedua adalah Ria Aprilia , M.Psi, selaku Trainer. Dalam paparannya, Ria menyampaikan cara meningkatkan kepercayaan diri sesuai kemampuan diri. Selanjutnya Ria Aprilia juga mejelaskan teknik-teknik untuk wawancara setelah itu mahasiswa melakukan latihan Leader Group Discussion  (LGD)

Pada hari berikutnya mahasiswa melakukan wawancara kerja yang dilakukan tim ECC UGM. (ik)

Jusuf Apalem, S.AP,  Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Aru dan Prof. Dr. R.Y. Perry Burhan, M.Sc, Ketua Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) Akamigas telah menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang Penyelenggaraan Pendidikan Vokasi Program Diploma IV dalam rangka Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia di Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (13/4).

Proses penandatangan perjanjian kerjasama ini disaksikan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), IGN. Wiratmaja Puja.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kepulauan Aru, Drs. Muhammad Djumpa menyampaikan rasa terima aksih atas bantuan yang diberikan Kementerian ESDM melalui PEM Akamigas yang telah mendidik putera daerah Kepulauan Aru untuk lebih meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Kepulauan Aru melalui pendidikan vokasi. Bukan hanya sekali tapi telah beberapa angkatan, Pemda Kepulauan Aru mengirimkan putera daerahnya untuk belajar di Cepu.

Pemkab Kepulauan Aru hingga tahun ini telah mengirimkan sebanyak 44 orang di Tahun Ajaran 2016 – 2017, 48 orang di Tahun Ajaran 2017 – 2018 dan untuk Tahun Ajaran 2018 – 2019 ini mengirimkan 30 orang. Untuk ketiga perjanjian kerja sama ini dengan jangka waktu 8 semester atau 4 tahun. (drm)

Pelatihan Kesamaptaan untuk Mahasiswa PEM Akamigas merupakan program kerja sama antara Batalyon Infanteri 1 Marinir dengan PEM Akamigas yang ditujukan untuk membentuk sikap mahasiswa agar menjadi pribadi yang disiplin, tangguh, bermental kuat dengan disertai jiwa patriot dan kesamaptaan serta memiliki loyalitas yang tinggi.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 30 minggu atau kurang lebih 8 bulan, dengan target meliputi : 

1.       Latihan Fisik dan Mental,

2.       Kepedulian Lingkungan,

3.       Team Work,

4.       Kedisiplinan,

5.       Karakter Tangguh dengan teori dan praktek,

6.        Bela Negara,

7.       Kepeminpinan Lapangan,

8.       Peraturan Baris Berbaris, Penghormatan Militer,

9.       Kesamaptaan, Kerjasama Tim/Tim work

10.   Peraturan Urusan Dinas Dalam

11.   Ketahanan Nasional, Wawasan Nusantara

Pelatihan ini dimulai pada tanggal 14 April 2018 yang secara resmi telah dibuka oleh Kepala Badan Pendidikadn dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM), IGN Wiratmaja Puja pada sehari sebelumnya (13/4) pada pukul 16.00 WIB di Lapangan Upacara PEM Akamigas.

Dalam sambutannya, Wirat, demikian beliau biasa disapa menyampaikan seluruh mahasiswa diharapkan untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini secara serius sehingga apa yang telah disampaikan selama pelaksanaan pelatihan dapat menambah wawasan, keterampilan dan keahlian sehingga menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik. Untuk itu, melalui kegiatan pelatihan kesamaptaan ini diharapkan bisa mencapai kedisiplinan yang berkualitas dan profesional serta bertanggung jawab dalam kegiatan sehari-hari.

Peningkatan kedisiplinan dan pembentukan karakter untuk mahasiswa ini ditujukan untuk membentuk sikap mahasiswa agar menjadi lebih disiplin, tangguh, bermental kuat dengan disertai jiwa patriot dan kesamaptaan serta memiliki loyalitas yang tinggi. Pelatihan kedisiplinan dan wawasan kebangsaan ini sangat penting bagi mahasiswa untuk melatih bertanggung jawab, eksistensi dan menanamkan nilai-nilai luhur perjuangan agar meunjang optimalisasi pelaksanaan pembelajaran di PEM Akamigas yang memerlukan komitmen dan kesiapan fisik serta mental agar menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi unggul dan terampil sesuai kebutuhan di dunia kerja. Imbuhnya. (drm)

Elnusa Petrofin adalah salah satu perusahaan jasa migas terkemuka di Indonesia, khusus menyediakan waktu selama 3 (tiga) hari untuk melaksanakan serangkaian kegiatan di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Campus Hiring ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 April 2018 yang pada puncaknya adalah open recruitment yang dilaksanakan oleh Elnusa Petrofin untuk menjaring mahasiswa PEM Akamigas yang telah duduk di tingkat 4 dan alumni PEM Akamigas mulai dari tahun 2015.

Sebanyak 173 pendaftar baik alumni maupun yang masih berstatus mahasiswa tingkat 4, harus mengumpulkan berkas dan mengikuti serangkaian seleksi yang disiapkan oleh panitia rekruitmen dari Elnusa Petrofin mulai dari psikotes hingga wawancara yang dilakukan dalam beberapa tahapan. Hingga proses seleksi wawancara tahap ke-2, sebanyak 62 orang lolos dan harus mengikuti tahap seleksi berikutnya. Pengumuman penerimaan akan dilakukan 1 bulan ke depan.

Proses seleksi ini terbuka bagi semua program studi yang ada di PEM Akamigas, baik itu Program Studi Produksi Migas, Program Studi Pengolahan Migas, Program Studi Instrumentasi Kilang, Program Studi Teknik Mesin Kilang dan Program Studi Logistik Migas.

Sebelum melaksanakan open recruitment, Expert Team Elnusa Petrofin mengisi salah satu kegiatan rutin PEM Akamigas dalam 1Day With Experts yang merupakan salah satu bentuk kuliah umum dan workshop yang khusus menghadirkan para praktisi ahli dibidangnya untuk membagi ilmu dan pengetahuan praktis dilapangan kepada mahasiswa PEM Akamigas pada khususnya.

Membuka acara, Suhardjito, Kepala Program Studi Logistik Migas yang menyampaikan terima kasih kepada Elnusa Petrofin karena telah mengadakan campus hiring di PEM Akamigas. Harapan besar bahwa kerjsa sama dengan Elnusa Petrofin ini akan terus berkelanjutan.

2 expert Elnusa Petrofin ini mengangkat tema “We Bring Energy Closer”. Mulai pukul 08.30 – 12.00 di Grha Oktana PEM Akamigas, Evi Silvia Salsabil, HR Manager Elnus Petrofin menyampaikan Company Profile dari Elnusa Petrofin yang disambung oleh Dicky Ibnu Darmawan, Head of Manager Depo Operational Elnusa Petrofin yang memaparkan tentang Operasional Departemen Depo di Elnusa Petrofin.

Lebih dari 800 mahasiswa dan fungsional dosen PEM Akamigas hadir untuk mengikuti kuliah umum yang disampaikan expert team Elnusa Petrofin ini.

Oleh Dicky disampaikan bahwa saat ini dibutuhkan banyak tenaga kerja baru yang akan dipekerjakan di proyak baru. Bukan saja keterampilan yang dibutuhkan tetapi juga softskill yang akan menunjang pekerjaan di perusahaan nantinya, termasuk kemampuan leadership dan komunikasi yang terkadang tidak pernah diperoleh melalui jalur pendidikan akademik.

Salah satu bukti bahwa Elnusa Petrofin mengakui hasil pendidikan di PEM Akamigas akan dapat memenuhi kepercayaan dan harapan Elnusa Petrofin sehingga secara langsung hadir dan melakukan seleksi dan perekrutan pegawai, terhadap mahasiswa PEM Akamigas, bahkan sebelum mereka menyandang predikat alumni PEM Akamigas. (drm)

Halaman 1 dari 25

Fasilitas

Anda disini: Beranda Arsip Berita
RizVN Login